Macam-macam tulang beserta ciri-cirinya

Di posting oleh Tauriza pada 12:38 PM, 16-Jun-11

Di: artikel

Macam-macam tulang
A. Berdasaskan bentuknya
1. Tulang pipa
a. Bentuknya bulat panjang seperti pipa
b. Ujungnya berbongkol
c. Didalamnya berisi sumsum kuning dan lemak
d. Terdapat pada tulang lengan, paha, ruas jari, kering, pengumpil
2. Tulang pipih
a. Bentuknya pipih atau gepeng
b. Berisi sumsum merah
c. Didalamnya berongga seperti spon
d. Terdapat pada tulang rusuk, dada, belikat
3. Tulang pendek
a. Bentuknya bulat
b. Di dalamnya terdapat sumsum merah
c. Terdapat pada tulang pergelangan tangan, kaki, dan ruas tulang belakang.
B. Berdasarkan sifat tulang
1. Tulang rawan
a. Terbentuk dari jaringan tulang rawan
b. Dalam tulang rawan tidak ada saluran havers
c. Karena sedikit zat kapur maka tulang rawan bersifat lentur dan elastis
c. Terdapat pada persendian, antara ruas tulang belakang, cupid hidung, dan telinga
2. Tulang keras
a. Terbentuk dari jaringan tulang keras
b. Sel-sel tulang tersusun seperti lingkaran yang berlapis lapis
c. Di tengah lingkaran terdapat saluran yang disebut saluran Havers
C. Berdasarkan sifat bahan penyusunnya
1. Tulang kompak
a. Bahan penyusun rapat dan padat
b. Terdapat pada tulang pipa
2. Tulang spons
a. Bahan penyusun berongga seperti spons
b. Terdapat pada tulang pipih dan tulang pendek

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

18 tanggapan untuk "Macam-macam tulang beserta ciri-cirinya"

kangjack pada 01:38 PM, 16-Jun-11

Ngeronda malam lagi sob sekalian nyimax.

Tauriza pada 01:40 PM, 16-Jun-11

Tq dah mampir

black lion pada 01:46 PM, 16-Jun-11

[color=blue]ini dia postingan yg aq sukawink, bs nambah ilmu disini......maap plen, br bs kunjungan balik, lamken egen yamrgreen[/color]

Rizkycandra pada 01:47 PM, 16-Jun-11

hadir.,

black lion pada 01:48 PM, 16-Jun-11

[color=blue]kangjack80.....benar" bolang sejati diamrgreen[/color]

Ari pada 01:57 PM, 16-Jun-11

:mrgreen sip kang.. .

Asep Saepudin pada 02:37 PM, 16-Jun-11

ada pelajaran biologi jg ya...bagus,nambah ilmu lg nich...lanjut sob

Anansyah pada 03:37 PM, 16-Jun-11

kunjungan mlm sob met rehat numpang absen sklian nyimak smile hihi

Never pada 11:44 PM, 16-Jun-11

Met pagi, kank..
Hmm.. Nambah wawasan dan ilmu baruku tentank dunia medis.. Bermanfaat kank... biggrin

Teguh_cahjowo pada 01:01 AM, 17-Jun-11

pg dingin master.wrrr

Tauriza pada 05:39 AM, 17-Jun-11

Mat0r suwun dah pada mampir w0nten gubukq niki

INDAH pUSpitha pada 08:45 AM, 16-Sep-11

sangat membantu.. thanks

supri69 from ZERO to HERO pada 01:47 AM, 07-Oct-11

Kunjungan perdana.... Masuk via tautan FB ni, q tu yg koment d'tautan hehehe... Nyimak n ijin follow ja ya.... mrgreen

Evan pada 04:28 AM, 25-Oct-11

Mantphh sob ,, biggrin

daris irfan atmaja pada 01:40 AM, 31-Aug-12

ga ada tulang rusuk ya :'(

mIaQPnUUZ pada 01:46 AM, 13-Sep-12

mas koroideuoun brotsa sta matia mas alla mas fortonoun kai me provlimata gia nam in exoume xrono na skeftomastw tis pousties pou´╗┐ pesodai piso apo tin plati mas opoios 8elei na anoixei ta matia tou as dei to posi ali8eia adexeis 3 video gia tin ali8eia tis zois!!!!!

aldi pada 02:13 PM, 17-Oct-12

makasih kak.
Semua yg ada di blog ini boleh di kirim ke blog aku gak?
Soal nya aku btuh bgt.cool

phutry septiani pada 12:17 PM, 03-Nov-13

ayoo guys terus semangat belajar tentang tulang

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar