Kerajaan Ternate dan Tidore

Di posting oleh Tauriza pada 03:30 AM, 30-Nov-11

Di: Kerajaan

Ternate merupakan kerajaan Islam di timur yang berdiri pada abad ke-13 dengan raja Zainal Abidin (1486-1500). Zainal Abidin adalah murid dari Sunan Giri di Kerajaan Demak. Kerajaan Tidore berdiri di pulau lainnya dengan Sultan Mansur sebagai raja.

Kerajaan yang terletak di Indonesia Timur menjadi incaran para pedagang karena Maluku kaya akan rempah-rempah. Kerajaan Ternate cepat berkembang berkat hasil rempah-rempah terutama cengkih.

Ternate dan Tidore hidup berdampingan secara damai. Namun, kedamaian itu tidak berlangsung selamanya. Setelah Portugis dan Spanyol datang ke Maluku, kedua kerajaan berhasil diadu domba. Akibatnya, antara kedua kerajaan tersebut terjadi persaingan. Portugis yang masuk Maluku pada tahun 1512 menjadikan Ternate sebagai sekutunya dengan membangun benteng Sao Paulo. Spanyol yang masuk Maluku pada tahun 1521 menjadikan Tidore sebagai sekutunya.

Dengan berkuasanya kedua bangsa Eropa itu di Tidore dan Ternate, terjadi pertikaian terus-menerus. Hal itu terjadi karena kedua bangsa itu sama-sama ingin memonopoli hasil bumi dari kedua kerajaan tersebut. Di lain pihak, ternyata bangsa Eropa itu bukan hanya berdagang tetapi juga berusaha menyebarkan ajaran agama mereka. Penyebaran agama ini mendapat tantangan dari Raja Ternate, Sultan Khairun (1550-1570). Ketika diajak berunding oleh Belanda di benteng Sao Paulo, Sultan Khairun dibunuh oleh Portugis.

Setelah sadar bahwa mereka diadu domba, hubungan kedua kerajaan membaik kembali. Sultan Khairun kemudian digantikan oleh Sultan Baabullah (1570-1583). Pada masa pemerintahannya, Portugis berhasil diusir dari Ternate. Keberhasilan itu tidak terlepas dari bantuan Sultan Tidore. Sultan Khairun juga berhasil memperluas daerah kekuasaan Ternate sampai ke Filipina.

Sementara itu, Kerajaan Tidore mengalami kemajuan pada masa pemerintahan Sultan Nuku. Sultan Nuku berhasil memperluas pengaruh Tidore sampai ke Halmahera, Seram, bahkan Kai di selatan dan Misol di Irian.

Dengan masuknya Spanyol dan Portugis ke Maluku, kehidupan beragama dan bermasyarakat di Maluku jadi beragam: ada Katolik, Protestan, dan Islam. Pengaruh Islam sangat terasa di Ternate dan Tidore. Pengaruh Protestan sangat terasa di Maluku bagian tengah dan pengaruh Katolik sangat terasa di sekitar Maluku bagian selatan.

Maluku adalah daerah penghasil rempah-rempah yang sangat terkenal bahkan sampai ke Eropa. Itulah komoditi yang menarik orang-orang Eropa dan Asia datang ke Nusantara. Para pedagang itu membawa barang-barangnya dan menukarkannya dengan rempah-rempah. Proses perdagangan ini pada awalnya menguntungkan masyarakat setempat. Namun, dengan berlakunya politik monopoli perdagangan, terjadi kemunduran di berbagai bidang, termasuk kesejahteraan masyarakat.

 

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

11 tanggapan untuk "Kerajaan Ternate dan Tidore"

iseng's pada 11:11 AM, 08-Dec-11

pertamax wkwkwk nyimak sejarah kerajaan ternate biggrin

VIDEO ORANG DI SEMBELIH VIDEO ORANG DI BAKAR HIDUP2 pada 11:16 AM, 08-Dec-11

mlem sob? Thanks ya infoxbiggrin

Emjebe pada 11:55 AM, 08-Dec-11

hadir menyapa kmbli kwan.

PaWeLaH™ pada 11:56 AM, 08-Dec-11

Absen malam jum'at sob...., izin follbacknya...

Amur Dz pada 11:56 AM, 08-Dec-11

mksi info sejarahnya sob,moga kita smua jd anak negri yg tdk prnh melupakan sjrh zmn dulu

Anansyah pada 03:17 PM, 08-Dec-11

sip mantap sob update2 sejarah di indonesia mksh n met mlm smile

Arya pada 11:27 PM, 08-Dec-11

hadir gan tanks info nya jadi teringat waktu sd

Never pada 01:59 AM, 09-Dec-11

Pagi, kank. .
Ijin baca ilmunya, kank. . Biar pengetahuanku tentank sejarah, ga pudar. . .

sekarat⣇terjagal pada 05:59 AM, 13-Dec-11

met siang sob.
nubie mo ijin follow ya mrgreen

Tashya pada 02:05 AM, 05-Feb-12

Thx untuk info ya. Tapi alangkah baik ny juga dijelaskan tentang runtuhnya kerajaan itu

Haposan pada 01:19 PM, 15-Apr-14

Thanks atas ilmunya membantu banget untk tgs sekolah

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar