Kerajaan Demak dan Kerajaan Pajang dengan Peninggalannya

Di posting oleh Tauriza pada 03:25 AM, 30-Nov-11

Di: Kerajaan

Demak adalah kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan yang didirikan oleh Raden Patah ini pada awalnya adalah sebuah wilayah dengan nama Glagah atau Bintoro yang berada di bawah kekuasaan Majapahit. Majapahit mengalami kemunduran pada akhir abad ke-15. Kemunduran ini memberi peluang bagi Demak untuk berkembang menjadi kota besar dan pusat perdagangan. Dengan bantuan para ulama Walisongo, Demak berkembang menjadi pusat penyebaran agama Islam di Jawa dan wilayah timur Nusantara.

Sebagai kerajaan, Demak diperintah silih berganti oleh raja-raja. Demak didirikan oleh Raden Patah (1500-1518) yang bergelar Sultan Alam Akhbar al Fatah. Raden Patah sebenarnya adalah Pangeran Jimbun, putra raja Majapahit. Pada masa pemerintahannya, Demak berkembang pesat. Daerah kekuasaannya meliputi daerah Demak sendiri, Semarang, Tegal, Jepara dan sekitarnya, dan cukup berpengaruh di Palembang dan Jambi di Sumatera, serta beberapa wilayah di Kalimantan. Karena memiliki bandar-bandar penting seperti Jepara, Tuban, Sedayu, Gresik, Raden Patah memperkuat armada lautnya sehingga Demak berkembang menjadi negara maritim yang kuat. Dengan kekuatannya itu, Demak mencoba menyerang Portugis yang pada saat itu menguasai Malaka. Demak membantu Malaka karena kepentingan Demak turut terganggu dengan hadirnya Portugis di Malaka. Namun, serangan itu gagal.

Raden Patah kemudian digantikan oleh Adipati Unus (1518-1521). Walau ia tidak memerintah lama, tetapi namanya cukup terkenal sebagai panglima perang yang berani.

Ia berusaha membendung pengaruh Portugis jangan sampai meluas ke Jawa. Karena mati muda, Adipati Unus kemudian digantikan oleh adiknya, Sultan Trenggono (1521-1546). Di bawah pemerintahannya, Demak mengalami masa kejayaan. Trenggono berhasil membawa Demak memperluas wilayah kekuasaannya. Pada tahun 1522, pasukan Demak di bawah pimpinan Fatahillah menyerang Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon. Baru pada tahun 1527, Sunda Kelapa berhasil direbut. Dalam penyerangan ke Pasuruan pada tahun 1546, Sultan Trenggono gugur.

Sepeninggal Sultan Trenggono, Demak mengalami kemunduran. Terjadi perebutan kekuasaan antara Pangeran Sekar Sedolepen, saudara Sultan Trenggono yang seharusnya menjadi raja dan Sunan Prawoto, putra sulung Sultan Trenggono. Sunan Prawoto kemudian dikalahkan oleh Arya Penangsang, anak Pengeran Sekar Sedolepen.

Namun, Arya Penangsang pun kemudian dibunuh oleh Joko Tingkir, menantu Sultan Trenggono yang menjadi Adipati di Pajang. Joko Tingkir (1549-1587) yang kemudian bergelar Sultan Hadiwijaya memindahkan pusat Kerajaan Demak ke Pajang.

Kerajaannya kemudian dikenal dengan nama Kerajaan Pajang.

Sultan Hadiwijaya kemudian membalas jasa para pembantunya yang telah berjasa dalam pertempuran melawan Arya Penangsang. Mereka adalah Ki Ageng Pemanahan menerima hadiah berupa tanah di daerah Mataram (Alas Mentaok), Ki Penjawi dihadiahi wilayah di daerah Pati, dan keduanya sekaligus diangkat sebagai bupati di daerahnya masing-masing. Bupati Surabaya yang banyak berjasa menundukkan daerah-daerah di Jawa Timur diangkat sebagai wakil raja dengan daerah kekuasaan Sedayu, Gresik, Surabaya, dan Panarukan.

Ketika Sultan Hadiwijaya meninggal, beliau digantikan oleh putranya Sultan Benowo. Pada masa pemerintahannya, Arya Pangiri, anak dari Sultan Prawoto melakukan pemberontakan. Namun, pemberontakan tersebut dapat dipadamkan oleh Pangeran Benowo dengan bantuan Sutawijaya, anak angkat Sultan Hadiwijaya. Tahta Kerajaan Pajang kemudian diserahkan Pangeran Benowo kepada Sutawijaya. Sutawijaya kemudian memindahkan pusat Kerajaan Pajang ke Mataram.

Di bidang keagamaan, Raden Patah dan dibantu para wali, Demak tampil sebagai pusat penyebaran Islam. Raden Patah kemudian membangun sebuah masjid yang megah, yaitu Masjid Demak.

Dalam bidang perekonomian, Demak merupakan pelabuhan transito (penghubung) yang penting. Sebagai pusat perdagangan Demak memiliki pelabuhan-pelabuhan penting, seperti Jepara, Tuban, Sedayu, Gresik. Bandar-bandar tersebut menjadi penghubung daerah penghasil rempah-rempah dan pembelinya. Demak juga memiliki penghasilan besar dari hasil pertaniannya yang cukup besar. Akibatnya, perekonomian Demak berkembang degan pesat.

 

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

26 tanggapan untuk "Kerajaan Demak dan Kerajaan Pajang dengan Peninggalannya"

iseng's pada 10:51 PM, 30-Nov-11

nyimak sob.wah trnyt gt y kisah arya penangsang dan joko tingkir..

VIDEO NGERI ORANG DI SEMBELIH ORANG DI BAKAR HIDUP HIDUP pada 11:39 PM, 30-Nov-11

pagi sob? Maaf ya? Terburu2 nie bxk yg updatesad

Hikayat Newby pada 12:00 AM, 01-Dec-11

Absen pagi sob, nice infox neh...
smile

Yg pgn oupeng Ayu think think !
Silahkan mampir k mari...
smile

http://hikayat.pun.bz

Ani Ancha Susanto pada 12:24 AM, 01-Dec-11

Kunjungan pagi+nyimak.
Smbari jalan" MWB buat nmbah ilmu..mrgreen
ni tmpat asal ane he.he.hebiggrin
http://ancha_as.mywapblog.com

syiar muslimah pada 01:51 AM, 01-Dec-11

assalamu'alaikum .
semoga bermanfaat saudaraku smile

Arya pada 03:01 AM, 01-Dec-11

hadir gan kalau soal kerajaan jadi teringat waktu sd

Never pada 05:23 AM, 01-Dec-11

Siank, kank. .
Kadank aku berpikir. . Gimana ya, jika bisa kembali ke masa lalu. . . Pasti menjadi pengalaman yang luar biasa, bisa ketemu raja2. . .

Rahmat Hidayat pada 05:30 AM, 01-Dec-11

nyimak kang

Rifa pada 06:51 AM, 01-Dec-11

makasih tuk mengingatkan kembali sejarahnya sobbiggrin

PaWeLaH™ pada 07:08 AM, 01-Dec-11

hadir sob, maaf br bisa brkunjung....

Iqbal Maulana⠃ pada 08:04 AM, 01-Dec-11

itu sejarah kan sob?!
Bukan dongeng..

Anansyah pada 09:04 AM, 01-Dec-11

sip mantap sob mksh tuk info sejarahnya smile

Setalar39 pada 01:33 PM, 01-Dec-11

wah pelajaran sejarah nih, semoga kita tdk lupa dgn sejarah smile

Amur Dz pada 01:44 PM, 01-Dec-11

kliling mwb bru nyampe sini,mksih ilmu sejarahnya sob

♥ AkiryO ♥ pada 03:37 PM, 01-Dec-11

Indonesia kaya akan sejarahnya biggrin

Eko_Tonggeng pada 05:41 PM, 01-Dec-11

hadir tuk menyimak gan. nice post.

BLACK LIONESS pada 02:32 AM, 02-Dec-11

habis dapat ilmu biolagi, sekarang dapat ilmu sejarah, mantab dah, thx udah share

Belajar Seo pada 10:20 AM, 02-Dec-11

aku suka cerita sejarah,lanjut sob
langsung dicomot...
Http://origin.mywapblog.com

Iniaku pada 11:38 AM, 02-Dec-11

jadi ingat jaman sekolah

KHAIRUL IHSAN pada 03:16 PM, 15-Dec-11

I like sejarah:p

KHAIRUL IHSAN pada 03:18 PM, 15-Dec-11

I like sejarah

socheh pada 05:13 AM, 30-Dec-11

keren keren bang.....

annisa pada 02:20 AM, 25-Apr-12

keren, tapi peninggalan kerajaan pajangnnya mana??
aku lagi butuh banget nih sad

sary chii maerpaunk pada 07:12 AM, 30-Apr-12

Tankz

sary chii maerpaunk pada 07:29 AM, 30-Apr-12

wiii
sejarah nya bguz bget....

amalia nurofah pada 02:26 PM, 30-Dec-12

Wow hebat jg walau sebenarnya tdk hrs arya penangsang yg menjadi raja sí kerajaan demak karna día tdk dianggap sebagai raja seharusnya yg menjadi raja adalah jaka tingkir

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar